KIA ALL NEW RIO

KUDA HITAM COMPACT HATCHBACK 


Guys, bagi para penyuka mobil ada kabar gembira. Pasar Mobil Compact Hatchback telah diramaikan oleh pendatang baru. Mobil itu adalah Kia All New Rio. Setelah sebelumnya Ford Fiesta dan Hyundai Grand Avega sukses sebagai pendatang baru, kini produsen asal Korea ini mencoba peruntungannya di Compact Hatchback melalui Kia All New Rio. 

Kia All New Rio sebenarnya bukanlah mobil yang asing di Indonesia karena sebelumnya mobil ini pernah menjadi armada taksi di ibukota. Lalu setelah itu muncul Kia Pride yang termasuk laris, walaupun tak selaris mobil-mobil sekelasnya macam Honda Jazz ataupun Toyota Yaris. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba generasi pengganti Kia Pride ini yang sekarang berubah total menjadi Kia All New Rio.



Melihat sekilas dari sisi interior, Kia All New Rio terlihat sangat macho dan maskulin bahkan memiliki wajah modern dibandingkan Yaris, Swift dan terlihat sebanding dengan Jazz dan Fiesta. Kesan sporty sangat jelas terlihat dengan desain garis dan lekuk yang lebih berani pada All New Rio ini. Begitu juga ketika masuk kedalam kabinnya. Rasanya sedikit lebih luas dari versi terdahulunya. Joknya bergaya semi bucket, sehingga memeluk punggung dengan mantap. Desain dashboard juga sudah cukup baik, dengan penataan letak berbagai fitur yang mudah dijangkau. Hanya saja, perpaduan dua warna pada dashboardnya sedikit mengganggu mata dan terlalu mencolok, sehingga mengesampingkan kesan elegan.

Namun sayangnya, meski ruang bagasi jadi lebih lega, sepertinya yang dikorbankan adalah penumpang belakang. Dengan tinggi badan 178 cm, jarak antara lutut dengan jok depan sangat terbatas, sehingga kaki harus menekuk. Untuk perjalanan jauh, ini sedikit mengurangi kenyamanan. Begitu kunci kontak diputar pada posisi On, terlihat multi information display pada meter cluster dibelakang setir, lumayan lengkap, jarak tempuh, konsumsi rata-rata bbm, bahkan indikator ECO Driving pun tersedia. Oiya, satu yang patut diacungi jempol pada New Rio, ruang kabin menjadi jauh lebih senyap dibanding generasi terdahulu. Suara mesin saat sedang idle sama sekali tidak terdengar di dalam kabin. Sehingga, ada kenyamanan lebih dengan perubahan ini.

All New Rio juga memberikan kenyamanan lain pada redaman suspensinya, yang terbilang empuk. Sehingga, melintasi jalanan bumpy, tidak membuat pengemudi dan penumpang terguncang. Meski konsekuensinya, pada kecepatan tinggi mobil jadi terasa limbung saat bermanuver ekstrim. Namun, secara keseluruhan, KIA seharusnya percaya diri dengan hadirnya All New Rio ini. Sebab banyak poin menguntungkan, seperti desain yang lebih atraktif, kemudian kenyamanan karena kabin yang senyap dan redaman suspensi yang empuk, serta fitur unggulannya ECO Driving. Segera masukkan mobil ini menjadi list mobil ada. hahhahaha....

0 komentar:

Posting Komentar